testimoni

testimoni

JR East Hapuskan Melodi Pemberangkatan Stasiun Demi Keamanan Penumpang

SHARE
Armada KRL seri E231 Lintas Joban | Foto: TC 411-507, Wikimedia
[01/08] - Stasiun kereta api di Jepang memanglah terkenal akan melodi keberangkatan kereta yang seringkali pada mempunyai ciri khas masing-masing pada tiap stasiun. Melodi yang menandakan KA akan segera diberangkatkan ini diputar melalui pengeras suara di stasiun pada saat kondektur memencet tombol pada saklar di tiang peron. 

Akan tetapi, berdasarkan yang dilansir dari Soranews 24, pengalaman menunjukkan bahwa dengan adanya melodi pemberangkatan di stasiun, dikarenakan pengeras suara di stasiun pada umumnya cukup kuat untuk didengar hingga keluar stasiun, seringkali terdapat pengguna jasa yang masih jauh dari rangkaian untuk mengejar kereta yang akan berangkat dengan berlari sangat cepat sehingga membahayakan pengguna lainnya. 

Oleh karena itu, East Japan Railway Company (JR East) memutuskan untuk mengujicoba penghapusan melodi pemberangkatan stasiun dengan tahap awal ujicoba pada stasiun-stasiun yang dilayani KA Lokal Lintas Joban antara Stasiun Kaemari dan Stasiun Toride. Sebagai gantinya, melodi pemberangkatan diputar melalui pengeras suara yang terdapat pada bagian luar rangkaian kereta, sehingga diharapkan melodi pemberangkatan terdengar tidak sampai terlalu jauh sehingga mengurangi jumlah pengguna jasa yang mengejar keberangkatan dari jauh.

Melodi pemberangkatan yang diputar melalui pengeras suara pada bagian luar rangkaian kereta dapat dilihat pada sebuah kicauan oleh pengguna Twitter  K542_K543 berikut.


Menurut JR East, ujicoba ini akan berlangsung selama sebulan untuk dikaji efektivitasnya. Jika terbukti efektif, JR East akan mempertimbangkan untuk memperluas penghapusan melodi pemberangkatan stasiun di lintas lainnya.

Sumber
Soranews 24

RED | Ikko Haidar Farozy

About Ikko Haidar Farozy

Hanya orang biasa yang juga menulis di RE-Digest.